SEJARAH PERKEMBANGAN ANIMASI DUNIA

 NAMA                      : MUHAMMAD ARYA RULIARTO

NPM                           : 10821577 

KELAS                       : 3MA26

MATA KULIAH         : PRODUKSI ANIMASI

DOSEN PENGAMPU: HENKI FIRDAUS M.M.S.I

Kata animasi berasal dari kata animation yang berasaldari kata dasar to anime di dalam kamus Indonesia Inggris berarti menghidupkanSecara umum animasimerupakan suatu kegiatan menghidupkanmenggerakkan benda matiSuatu benda mati diberidorongankekuatansemangat dan emosi untukmenjadi hidup hanya berkesan hidupSebenarnyasejak jaman dulumanusia telah mencobamenganimasi gerak gambar binatang merekasepertiyang ditemukan oleh para ahli purbakala di guaLascaux Spanyol Utara, sudah berumur dua ratus ributahun lebihMereka mencoba untuk menangkap gerakcepat lari binatangseperti celeng, bison atau kudadigambarkannya dengan delapan kaki dalam posisiyang berbeda dan bertumpuk |(Hallas and Marvell 1973. Orang Mesir kuno menghidupkan gambarmereka dengan urutan gambar-gambar para pegulatyang sedang bergumul, sebagai dekorasi dindingDibuat sekitar tahun 2000 |sebelum Masehi (Thomas 1958).

Sebelumnyaanimasi dibuat dengan cara manual, seperti menggunakan kamera dan lenturanNamundengan perkembangan teknologianimasi dapat dibuatmenggunakan software yang lebih canggihSepertiyang ditulis dalam sumber inianimasi dapat dibuatmenggunakan file animasi, file suaraatau e-Book.

Pada era sekaranganimasi dapat dibuat menggunakansoftware yang lebih canggihseperti Adobe After Effects, Blender, atau Maya. Dengan penggunaansoftware ini, animator dapat membuat animasi yang lebih realistis dan dengan kualitas yang lebih tinggi.

Perkembangan teknologi juga memungkinkan animasidapat dibuat lebih cepat dan efisienSeperti yang ditulis dalam sumber inianimasi dapat dibuatmenggunakan software yang membantu dalampengembangan animasiseperti Adobe Animate atauToon Boom Harmony.

 

Selain ituperkembangan teknologi jugamemungkinkan animasi dapat dibuat secara online., animasi dapat dibuat menggunakan animasi online, seperti Animaker, Biteable, atau Moovly.

Perkembangan teknologi juga memungkinkan animasidapat dibuat menggunakan teknologi virtual reality (VR) atau augmented reality (AR). Seperti yang ditulisdalam sumber inianimasi dapat dibuat menggunakanVR atau AR, seperti animasi yang dibuat oleh Google Earth VR atau animasi yang dibuat oleh Microsoft HoloLens.

Berikut ini beberapa contoh perkembangan teknologipembuatan animasi beserta gambar animasinya.

1. Animasi 2D: Animasi 2D adalah animasi yang dibuat menggunakan gambar pada setiap bingkaiuntuk mencapai efek gerakanContoh animasi2D yang terkenal adalah South Park, yang menggunakan gambar datar dari bahan sepertikartonkertasatau kain untuk menghidupkankarakter South Park.

2. Animasi 3D: Animasi 3D adalah animasi yang dibuat menggunakan perancangan danperancangan suatu animasi yang mengalamiperkembangan yang sangat pesatContoh animasi3D yang terkenal adalah animasi yang berisicerita tentang bagian dari kekayaan budaya dansejarah yang dimiliki setiap bangsa.

 

 

3. Animasi CGI: Animasi CGI adalah animasi yang dibuat menggunakan teknologi computer-generated imagery (CGI). Contoh animasi CGI yang terkenal adalah film-film animasi yang menggunakan teknologi CGI, seperti Toy Story, Finding Nemo, atau Ratatouille

Dengan perkembangan teknologianimasi dapatdibuat lebih efisienlebih realistisdan lebih menarikNamunperkembangan teknologi juga memerlukananimator yang berpengalaman dan berkeahlian dalampembuatan animasiSelain itu, animator juga perlumenyesuaikan dengan perkembangan teknologi danmemahami cara menggunakan software yang lebihcanggih.

 

REFERENSI

Choose a Plan | Scribd. (2024). Retrieved April 18, 2024, from Scribd website: https://www.scribd.com/archive/plans?doc=503795869&metadata=%7B%22context%22%3A%22archive_view_restricted%22%2C%22page%22%3A%22read%22%2C%22action%22%3A%22download%22%2C%22logged_in%22%3Atrue%2C%22platform%22%3A%22web%22%7D

Try. (2022). II Sejarah Perkembangan animasi. Retrieved April 18, 2024, from Academia.edu website: https://www.academia.edu/35926854/II_Sejarah_Perkembangan_animasi

Ashshiddiqie, M. F., Janottama, I. P. A., & Nuriarta, I. W. (2022). Perancangan Animasi 3 DimensiSebagai Upaya Pengedukasian MasyarakatMengenai Pentingnya Mencintai Rupiah SebagaiMata Uang Negara Indonesia. AmarasiJurnalDesain Komunikasi Visual3(02), 159-172.

https://www.gramedia.com/literasi/12-prinsip-animasi/

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6949876/11-teknik-produksi-animasi-dari-tradisional-hingga-modern

https://analisadaily.com/berita/arsip/2014/8/24/57394/perkembangan-kecanggihan-teknologi-seni-animasi/

Komentar